Jumat, 08 Agustus 2008

Rp 500.- ..............


Tenyata uang bisa "merubah" segalanya. Ini kisah kecil yang aku alami, hanya dengan uang Rp 500.- yang bisa merubah segalanya.

Di Yogya, untuk parkir motor, tarif resminya adalah Rp 500.- (walau di kawasan Malioboro tetap menetapkan parkir Rp 1000.- dengan alasan yang Rp 500.- untuk helm, hehe....ternyata helm juga kena parkir). Nah yang aku alami adalah saat memarkir motor di kantor pos besar Yogyakarta, setelah selesai mengirim surat, saya bergegas ke parkiran, saat saya mau ambil motor, sebelum saya petugas parkir melayani pelanggan lain, dan diberi uang Rp 500.- Oleh petugas parkir, pelanggan tadi dibiarkan memundurkan motor sendiri , sehingga cukup kerepotan juga, hanya untungnya pelanggan tadi laki-laki, jadi sepertinya tidak masalah untuk memundurkan motor di tempat yang cukup sempit. Nah....kini giliran saya, saya sodorkan uang Rp 1000.- kemudian petugas parkir tadi hendak mengembalikan uang Rp 500.- tapi saya katakan tak perlu dikembalikan. Waah......saya dapat perlakuan "istimewa", karena kemudian motor bapak tadi memundurkan motor saya, dstnya, hingga saya tak perlu kerepotan untuk menempatkan posisi motor untuk siap jalan.

Di jalan saya berpikir, kenapa ada perlakuan yang sangat berbeda antara saya dengan pelanggan sebelum saya tadi, apa karena saya perempuan, kemudian diberi keistimewaan dan kemudahan, atau karena saya membayar "lebih" dibanding lelaki sebelum saya tadi. Ah.....penasaran juga saya dengan sikap "membedakan" tadi.

Kebetulan 2 hari kemudian, saya punya keperluan lagi di kantor pos besar Yogya, dan ini saya inigin memanfaatkan untuk "menguji" petugas parkir lagi.
Setelah selesai urusan, saya ke parkir motor dan menyerahkan uang Rp 500.- yang memang sudah saya siapkan sebelumnya. E.................ternyata saya mendapat perlakuan sebagaimana pelanggan sebelum saya 2 hari sebelumnya, saya harus memundurkan motor sendiri dan seterusnya. Dalam hati saya berkata: "Ternyata Rp 500.- adalah harga sebuah "keististimewaan" yang harus saya bayar jika memang saya menginginkannya".

Yk, 8 Agustus 2008