Sabtu, 16 Agustus 2008

RUMAH IBU DIMANA?

Rumah Tuminting- Manado

Rumah Graha Prima Sejahtera

Jika ada pertanyaan itu, tentu dengan senang hati saya akan menjawab: "rumah saya di Graha Prima Sejahtera", dengan maksud setelah saya jawab yang bertanya akan datang ke rumah saya dan menjalin silaturrahmi.

Tapi gimana jika yang bertanya adalah orang yang berperkara? Tentu kedatangannya sangat tidak saya harapkan dan akan saya tolak.
Hanya kadang di antara tumpukan banyaknya perkara dan masih ada yang menanyakan tentang rumah saya, maka saya akan menjawab: "rumah saya di Tuminting - Manado", dan sudah pasti orang tersebut hanya berkenyit, mungkin sambil membayangkan "jarak" antara Yogyakarta- Manado, nekat sekali kalau sampai ke Tuminting.

Inilah menjadi bagian dari konsekuensi berprofesi menjadi hakim, jika profesi yang lain, misalnya notaris,pengacara dan dokter, mungkin akan dengan senang hati menunjukkkan rumahnya atau kantornya, dengan memberi kartu nama, tapi bagi kami harus mikir dua kali memberi kartu nama, apalagi bagi orang yang mungkin akan berperkara. Daripada kemudian hari hanya menyulitkan, lebih baik sejak awal kita memproteksi diri untuk tidak mudah memberi alamat pada orang lain.